10 August 2010

PUASA DI BULAN RAMADHAN

Esok, hari Rabu 11 Ogos 2010 umat Islam di Malaysia mula menjalani ibadah puasa sebulan di bulan Ramadhan. Sekolah cuti sehari menyambut awal Ramadhan.

Kewajiban berpuasa dalam Al Qur’an, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagi kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan bagi orang-orang sebelummu, agar kamu bertakwa” (Al Baqarah:183)

Wajib berpuasa di bulan Ramadhan jika melihat hilal awal Ramadan dan berhenti puasa jika melihat hilal awal Syawal. Jika tertutup awan, maka hitunglah 30 hari. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. Dari Nabi saw. bahwa beliau menyebut-nyebut tentang bulan Ramadan sambil mengangkat kedua tangannya dan bersabda: Janganlah engkau memulai puasa sebelum engkau melihat hilal awal bulan Ramadan dan janganlah berhenti puasa sebelum engkau melihat hilal awal bulan Syawal. Apabila tertutup awan, maka hitunglah (30 hari). Sahih Muslim: 1795

Masyru'iyat dan matlamat puasa di bulan Ramadhan:
  1. "Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian puasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa "(Al-Baqarah:183)
  2. "Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dengan yang bathil ), karena itu barangsiapa di antara kamu menyaksikan (masuknya bulan ini), maka hendaklah ia puasa... " (Al-Baqarah: 185).
  3. "Telah bersabda Rasulullah saw., Islam didirikan di atas lima perkara; Bersaksi bahwa tidak ada Ilah selain Allah dan sesungguhnya Muhammad itu adalah utusan Allah, mendirikan solat, mengeluarkan zakat, puasa di bulan Ramadhan, menunaikan haji ke Ka'bah. (Bukhari Muslim).
  4. "Diriwayatkan dari Thalhah bin ' Ubaidillah ra, bahwa sesungguhnya ada seorang bertanya kepada Nabi saw., ia berkata: Wahai Rasulullah beritakan kepadaku puasa yang diwajibkan oleh Allah atas diriku. Beliau bersabda: puasa Ramadhan. Lalu orang itu bertanya lagi : Adakah puasa lain yang diwajibkan atas diriku ?. Beliau bersabda: tidak ada, kecuali bila engkau puasa Sunnah".
Selamat menjalani ibadah puasa.

SMKTK

Info SMKTK

Sekolah Pengajaran dan Pembelajaran Abad ke-21, Sekolah Bestari Luar Bandar Sekolah Lestari #belajaruntukberbakti #smktkcemerlang

Subscribe Blog ini melalui Email :